Mengenang Proklamator, Politisi PDI-P Ikut Jejak Bung Karno ‘Tanam Pohon’

0 4

Jakarta_Tintarakyat.com–Mempeikati hari Biografi bulan Juni sebagai bulan Bung Karno. Anggota DPR RI komisi I Mukhlis Basri mengunjungi Kebun Raya Liwa (KRL), dan sekaligus menanam pohon di Pekon Kubu Perahu, Kecamatan Balik Bukit, Liwa, Kabupaten Lampung Barat, Selasa (21/1/2020).

Keterangan Foto : Mukhlis Basri sedang melakukan pengalian tanah untuk menanam pohon lokasi Kebun Raya Liwa Kabupaten Lampung Barat.

Politisi PDI-P dapil Lampung I mengatakan guna mengenang kembali perjalanan hidup Presiden pertama RI.

“Hari ini saya menanam pohon dalam rangka Bulan Bung Karno di Kebun Raya Liwa,” kata Muklis Basri dalam akun FB MB, Selasa 14/6/2022.

Lanjut Juni menjadi bulan Bung Karno karena pada kelahiran Pancasila pada 1 Juni, 6 Juni 1901 Bung Karno lahir, dan pada 21 Juni 1970 Bung Karno wafat.

Dengan adanya momentum tersebut Mantan Bupati Lampung Barat itu berharap, pohon yang sudah ditancapkan di lokasi KRL bisa berguna bagi wisatawan.

“Saya berharap kelak pohon yang saya tanam ini memberikan manfaat bagi wisatawan yang berkunjung ke kebun raya Liwa,” ujarnya

Lebih dari itu Muklis mencontakan proklamator Indonesia itu. Dirinya menyebut bahwa sebagaiman Bung Karno menanam pohon mindi (Melia azedarach) di Arafah.

“Keberadaan pohon Bung Karno di Arafah memberikan dampak positif bagi jemaah haji untuk berteduh dari teriknya sinar matahari,” pungkasnya

Untuk diinformasikan Kebun Raya Liwa memang menjadi kegiatan wisata yang menyenangkan sekaligus bernilai edukatif. Koleksi tumbuhan dan keindahan pemandangan yang masih asri ini menjadi kawasan wisata edukasi. Destinasi Kebun Raya Liwa ini semakin lengkap dengan sajian eksotisme senja.

Kebun Raya Liwa juga memiliki beberapa taman lain seperti Taman Araceae, Taman Wangi, Taman Indukan Tanaman Hias, Taman Buah, Taman Hias dan Taman Aren. Taman-taman tersebut telah ditata dengan indah sehingga membentuk pola yang indah.

Kebun Raya Liwa ini dibangun atas di atas tanah seluas 86 hektare. Banyak terdapat koleksi tumbuhan. Beberapa di antaranya Pepasang (Quercus sp.), Cemara exelsa (Araucaria exelsa), dan Pinus (Pinus merkusii).

Pengunjung juga dapat menikmati keindahan taman dan panorama cantik dari pemandangan hutan disekitarnya. Sore hari pengunjung juga bisa menikmati senja dari lokasi ini. (ror)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More